Senin, 26 Desember 2011

QFD oooooo QFD

Sebagai mahasiswa Teknik Industri pasti sangat amat akrab dengan istilah QFD --> Quality Function Deployment.
Yupsss,, that's it, metode yang saya aplikasikan dalam penulisan Tugas Akhir saya.
Penjelasan singkatnya seperti ini  :


Quality Funtion Deployment adalah teknik yang digunakan untuk menterjemahkan keinginan pelanggan ke dalam satu kumpulan tingkat keinginan pelanggan selama perancangan konseptual dari suatu sistem ( Verma, 2000). QFD dapat menerjemahkan keinginan pelanggan secara mendetail sehingga memungkinkan perusahaan untuk melaksanakan strategi bersaing yang lebih efektif. Menurut Akao (1990) dalam Tan dan Pawitra (2001), QFD didefinisikan sebagai metodologi untuk menerjemahkan kebutuhan dan keinginan pelanggan ke dalam suatu rancangan produk yang memiliki persyaratan teknik dan karakteristik kualitas tertentu dan bertujuan memuaskan pelanggan dengan menerjemahkan keinginan pelanggan. Oleh karena itu, QFD juga sering disebut sebagai suatu sistem manajemen dari customer driven quality yang bertujuan untuk menciptakan kepuasan pelanggan.

It's kinda perfect tool, right ? 

Sekarang tiba saatna pengerjaan bab  4 dan seterusnya, yaitu bab eksekusi dari metode yang sudah dijabarkan di bab 1-3. It's not as easy as writing this definition.
Step nya lumayan banyak, ribet, dan harus teliti kalau mau hasil yang maksimal dan orisinal.

Tapi , pengerjaan TA ini selain membuat saya capek harus wira wiri di Solo Semarang dan sekitarnya bisa juga mengenalkan saya pada dunia real Telkom Jateng dan DIY khusunya Unit Marketing. Saya mendapat beberapa kenalan baik itu karyawan baik yg tetap atau magang, banyak pengalaman, banyak cerita. Indahnyaa...

Semoga saja di ujung pengerjaan ini akan berakhir lebih indah, sebuah buku Tugas Akhir yang bukan hanya sebuah kertas tapi sesuatu yang bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar