Minggu, 26 Februari 2012

Paper Quilling

Apa itu Paper Quilling 
Paper quilling merupakan seni menggulung kertas untuk dijadikan suatu karya unik yang bisa berbentuk bunga, hewan dan bentuk-bentuk yang lain sesuai dengan ide kreativitas kita .
Kenapa saya mulai menyukainya ? ini adalah karena salah satu teman saya, sebut saja jumi mengenalkan seni menggulung kertas ini ke saya. Biasa dibuat sebagai hiasan sebuah kado, bisa juga untuk sekedar hiasan di foto atau hiasan yang bisa dipajang di dinding.
Paper quilling ternyata makin menarik untuk dipelajari lebih detailnya

Kenapa Paper Quilling 
 adalah karena dapat mengajarkan "kesabaran" bagi mereka yang membuatnya , karena kesabaran akan membawa keindahan. Begitu juga dengan seni ini, asal kita sabar dan telaten mengerjakannya pasti hasilnya akan cantik dan indah :)) . Sabaar ?? kok bisaa ?? coba simak yang di bawah ini :)

Bagaimana Membuatnya 
Bahan dan alat yang diperlukan untuk membuatnya gampang ditemukan dimanapun. Cukup siapkan kertas berwarna ( merah, kuning, hijau, ungu, dll ), gunting, double tape, dan lem fox. Untuk background/tempat menempelkan hasilnya dapat menggunakan kertas warna yang agak tebal .


Gambar disamping adalah bahan2 yang digunakan :)






Cara membuatnya cukup mudah :
1. Buat pola di kertas berwarna dengan lebar ± 1 cm dan panjang ± 23 cm ( disesuaikan bentuk yang akan dibuat )
2. Gunting kertas tersebut sesuai dengan pola yang sudah dibuat 
3. Gulung kertas yang sudah digunting, kemudian bentuk pola sesuai dengan yang diinginkan. Sebagai seorang beginner, saya menyarankan agar searching saja dulu bentuk2 paper quilling di google. Gambar di bawah contoh bentuk2 dasar nya 
Cantiik kan ??
4. Kemudian bentuk2 yang sudah jadi , di susun di atas background yang sudah disiapkan, pilih warna netral sebagai background nya .
5. Selanjutnya, terserah kita, mau dikreasikan bagaimana lagi agar terlihat lebih cantiik dan menarik ;)
Pada awalnya mungkin untuk membuat suatu bentuk itu sulit, namun jika kita mau berusaha dan sedikit bersabar pasti akan didapatkan hasil yang memuaskan, dan akhirnya kita akan terus membuat bentuk-bentuk yang indah, karena membuat paper quilling itu mudah dan sangat menyenangkan!  :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar